Selasa, 28 Februari 2017

Fungsi fitur Office Excel



a. Fungsi dari Microsoft Office Excel
Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain:
1)      Membuat sebuah laporan keuangan
2)      Membuat Daftar Nilai
3)      Membuat daftar hadir
4)      Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5)      Menghitung Kurs Mata Uang
6)      Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7)      Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8)      Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9)      Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10)  Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat
b. Fungsi Aritmatika pada Microsoft Office Excel
Fungsi aritmatika adalah suatu fungsi matematika sederhana pada Microsoft Excel yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat dan persentase. Ciri-ciri dari fungsi ini maupun fungsi-fungsi lain yaitu:
Ø  Diawali dengan tanda “=”.
Ø  Memasukkan letak data ketika menuliskan rumus.
Langkah-Langkah dari Fungsi Aritmatika:
Ø  Letakkan pointer di kolom yang berisi data yang akan dijumlah, dikurangi dikali, dibagi, dan lain-lain.
Ø  Diawali dengan “=” kemudian menuliskan rumus lalu enter.
Fungsi Aritmatika:
1)      Pejumlahan = menjumlahkan satu angka bilangan dengan angka bilangan yang lain.
Contoh: Jika kita mau menjumlahkan bilangan yang ada pada kolom kerja excel satu(A2) dengan kolom kerja yang lain(B2) maka kita akan mengetik rumus =A2+B2 di kolom lain yang kita kehendaki lau tekan enter. Maka kita akan mendapatakan hasil dari penjumlahan tersebut.
2)      Pengurangan = mengurangkan satu angka bilangan dengan angka bilangan yang lain.
Contoh: Jika kita mau mengurangi bilangan yang ada pada kolom kerja excel satu(A2) dengan kolom kerja yang lain(B2) maka kita akan mengetik rumus =A2-B2 di kolom lain yang kita kehendaki lau tekan enter. Maka kita akan mendapatakan hasil dari pengurangan bilangantersebut.
3)      Perkalian = mengalikan satu angka bilangan dengan angka bilangan yang lain.
Contoh: Jika kita mau mengkalikan bilangan yang ada pada kolom kerja excel satu(A2) dengan kolom kerja yang lain(B2) maka kita akan mengetik rumus =A2*B2 di kolom lain yang kita kehendaki lau tekan enter. Maka kita akan mendapatakan hasil dari perkalian bilangan tersebut.
4)      Pembagian = membagi satu angka bilangan dengan angka bilangan yang lain.
Contoh: Jika kita mau mebagi bilangan yang ada pada kolom kerja excel satu(A2) dengan kolom kerja yang lain(B2) maka kita akan mengetik rumus =A2/B2 di kolom lain yang kita kehendaki lau tekan enter. Maka kita akan mendapatakan hasil dari pembagian bilangan tersebut.
5)      Pangkat = memangkatkan satu angka bilangan dengan angka bilangan yang lain.
Contoh: Jika kita mau memangkatkan bilangan yang ada pada kolom kerja excel satu(A2) dengan kolom kerja yang lain(B2) maka kita akan mengetik rumus =A2^B2 di kolom lain yang kita kehendaki lau tekan enter. Maka kita akan mendapatakan hasil dari pemangkatan bilangan tersebut.
6)      Persentase = mempersentasekan suatu angka bilangan
Contoh: Jika kita mau mempersentasekan bilangan yang ada pada kolom kerja excel satu(A2) maka kita akan mengetik rumus =A2% di kolom lain yang kita kehendaki lau tekan enter. Maka kita akan mendapatakan hasil dari persentase bilangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar